EKSIS : Estafet Kepemimpinan yang Solid, Integritas dan Solusi. Kepemimpinan memiliki arti penting dalam pencapaian tujuan organisasi baik organisasi usaha, organisasi sosial maupun organisasi pemerintahan. Kepemimpinan berarti memanfaatkan energi orang-orang di sekitarnya, memberikan arah dan menyelaraskan upaya mereka. bs

Kepemimpinan yang kuat dapat dipastikan akan membuat organisasi semakin lebih baik. Organisasi yang sukses pada umumnya memiliki pemimpin yang kuat dan Visioner dan mereka telah berhasil menjadi pemimpin yang hebat sehingga meskipun mereka tidak lagi menjadi pemimpin,namun aroma kepemimpinannya masih dikenang oleh anggota maupun stakeholders yang lainnya .

Menurut pakar manajemen Ram Charan, seorang pemimpin bukan saja harus memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni, tetapi juga harus bisa membawa organisasinya lebih beretika, fokus pada tujuan jangka panjang dalam ranah sosial dan lingkungan. derDi sini jelas bahwa ada pergeseran kemampuan yang harus dimiliki pemimpin di masa yang akan datang. Keterampilan kepemimpinan bagi bagi seorang pemimpin sudah menjadi kewajiban, mereka harus terus mengasah diri agar mampu menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang. jvPerubahan teknologi, perubahan lingkungan dan berbagai tuntutan lingkungan akan terus berlanjut, sehingga organisasi memerlukan pemimpin-pemimpin yang tangguh dan berorientasi perubahan di masa depan. Kemampuan memutuskan adalah salah satu keterampilan seorang pemimpin yang kuat. Mereka yang kuat ini dalam situasi yang krisispun, mampu memberikan solusi yang terbaik. Pergantian tongkat estafet kepemimpinan di tubuh organisasi, tentunya tetap dihadapkan pada tantangan dan perubahan yang harus dijalani dalam menjalankan organisasi. disamping itu juga harus siap menghadapi kondisi eksternal organisasi. Setiap pemimpin yang baru diharapkan dapat memberikan keyakinan dan sikap optimisme, bagi seluruh stakeholders, sehingga semuanya dapat melahirkan semangat baru dan kerjasama yang lebih baik. (sumber: buletin Pundi:2013)

lead